Selasa, 10 Februari 2015

Berbekal pengetahuan elektronika yang pas-pasan dan skill gitaran yang lumayan (lumayan ancur),aku nekat bikin fx gitar (stompbox).Salah satunya yang ini,
Marshall Blues Breaker.
Nyomot skema dari TONEPAD.Aku bikin pake PCB bolong-bolong,rencananya sih buat percobaan tapi ahirnya tak pake terus.
Gak perlu pake jurus-jurus khusus,tinggal liat skema langsung aja pasang semua komponen ke lobang PCB mak bluss mak bluss.Setelah itu semua komponen termasuk koneksi in,out dan DC in disolder.Sambung ke ampli,ampli on,fx on atur knop gain,tone dan levelnya trus in fx tak sentuh dengan jari.Eh,bunyi "duut,druutttt.......mak nyusssss",abis itu baru tak coba pake gitar.
Alhamdulillah,idup dan semua berfungsi dengan baik(ini menurutku).

Abis itu bingung mo diapain nih fx.Ahirnya nemu box yang menurutku pas.Tinggal lubangin untuk knop,led,switch dan jack.Untuk fx ini tak kasih nama BAD MOOD.Aku ngasih labelnya pake rugos(huruf gosok),abis itu dilapisi pake pilox clear.
Tererenk... cling...
Jadi deh...

(gambar yang ini sengaja dibikin burek,kotor dan gak jelas biar terkesan lebih artistik,hehehehe.....)


Nih FX racikan asli tanpa modifikasi.


Ini adalah proyek yang mudah dan menyenangkan.Dibilang murah ya murah,mo dibilang mahal ya mahal juga.Murahnya disini kalau dihitung rangkaiannya aja.Tapi kalo diitung casing beserta accessoriesnya bisa jadi lebih mahal.Apalagi kalo kesulitan,kegagalan dan perjuangannya juga diitung.Bisa jadi lebih muahual lagi hehehe...
  • Selain main gitarnya sudah karatan, rupanya keterampilanku berelektronikaku pun sudah karatan. Sudah tidak seteliti, secermat & sesabar dulu lagi. Maklum, kedua hobi ini sudah kutinggalkan selama belasan tahun.
  • Bermula ketika daku menemukan skema efek gitar yang tidak terlalu rumit dan semua komponennya tersedia di pasaran (tepatnya toko elektronika di Tangerang), yaitu MXR Distortion Plus yang bila dimodif sedikit bisa menjadi DOD 250. Wah menarik sekali. Dan kurasa daku bisa membuatnya. Langsung saja daku belanja semua keperluan untuk membangunnya.
  • Komponen MXR+
  • Komponen MXR+
  • Namun ternyata apa yang nampaknya sederhana itu tidak selamanya mudah untuk direalisasikan. Apalagi saat daku memilih cara hacker alias jalan pintas, yaitu membangunnya dengan menggunakan Perf Board (perforated board). Sekedar informasi, Perf Board ini adalah PCB yang sudah berlubang-lubang tapi tidak memiliki sambungan antar komponen. Untuk menyambungnya, kita perlu membuatnya sendiri, bisa menggunakan kawat kecil, kabel, atau sejenisnya.
  • Dan walau pun komponennya sedikit, tapi menyambungkannya tidak mudah. Apalagi jika tata letak komponennya berdekatan, misalnya untuk kaki-kaki IC. Ironisnya semua itu kulakukan saat diriku sudah tidak muda lagi, sudah tidak teliti dan secermat dulu lagi. Tentu sudah bisa ditebak, proyek kecil-kecilanku tidak berhasil. Hihihi…
  • Sudah gitu daku sudah males ngoprek untuk memperbaikinya. Soalnya solderannya pun berantakan. Belum lagi kabelnya yang sliwar-sliwer. Ruwet. Seharusnya sih dicek pakai multimeter. Tapi multimeterku waktu jaman SD sudah hilang entah dimana. Beli lagi? Hem… kayaknya bulan depan saja. Maklum, budget untuk hobi sudah habis. Malah sudah menggerus budget yang dialokasikan untuk lain-lain. Hihihi…
  • Bener-bener heboh. Ada flying board-nya segala. Hahaha...
  • Bener-bener heboh. Ada flying board-nya segala. Hahaha...
  • Membangun dengan Perf Board memang amat-sangat tricky. Jadi kemarin daku memutuskan untuk membuat PCB beneran dengan menggunakan teknik sablon. Dalam bayanganku, semuanya sangat sederhana. Lha wong tinggal fotocopy dan disetrika ke papan board polos. Beda dengan jaman daku SD-SMP dulu dimana daku harus pakai karbon atau menggambarnya secara manual dengan spidol permanen.
  • Kali ini daku dibantu oleh Bro Yus dalam mengerjakan prakarya ini.
  • Dan lagi-lagi daku meleset. Ternyata beda antara bayangan dengan kenyataan. Lagi-lagi semuanya tidak semudah itu.
  • Bermula dari mengikuti petunjuk dari sebuah situs yang menyarankan penggunaan kertas biasa untuk menyablon. Ternyata gagal total walau pun sudah disetrika lama banget. Mungkin saja daku salah menggunakan kertas, soalnya kertas yang kupakai memang agak tebal. Atau bisa saja karena setrikanya kurang panas atau malah kurang lama menyetrikanya? Tapi sudah nyaris 1 jam setrika yang diset pada posisi terpanas itu meniduri PCB+kertas. Namun gambarnya belum nempel di PCB. Mungkin seharusnya sampai gosong ya? Berapa jam tuh?
  • Seandainya pun bisa, rasanya tidak masuk akal jika untuk menyablonnya saja butuh waktu selama itu. Padahal tugas lain menanti. Untunglah di dekat rumah Bro Yus ada tukang foto copy. Langsung saja daku memfotocopy layout ke plastik (kertas transparan atau biasa disebut transparansi) seperti yang biasa dipakai untuk presentasi.
  • Dan ternyata memang lebih mudah menyablon pakai kertas transparan ini karena layout cepat menempel di board walau pun menyetrikanya tidak lama. Tapi karena belum pengalaman, kami tetap saja gagal melakukannya. Pertama kertas transparannya bergeser sehingga miring. Upaya kedua juga gagal karena garis-garis pinggiran tidak tersablon sempurna alias putus-putus. Upaya ketiga berhasil dengan baik. Hore…
  • Board ke-2 yang beberapa jalurnya terputus itu bisa ditebalkan dengan spidol permanen. Sedangkan board ke-3 yang sukses perlu ditebalkan juga di beberapa jalur yang tipis, terutama di bagian lubang komponen.
  • Yang unik adalah karena kami tidak punya FeCl (ferri cloride) untuk melunturkan PCB. Sebelumnya daku nyari di toko elektronik tapi tidak ada. (Hem… aneh) Dan kebetulan daku sudah kemalaman dan tidak menemukan toko bangunan yang masih buka. Jadi proses pelunturannya terpaksa tertunda. Padahal semangatnya pas menggelora. Hiks…
  • Tapi proses pembelajaran telah berlangsung. Kalau pun daku tidak tahu malu menuliskan semua pengalaman tsb di blog (terutama yg gagal-gagal), itu karena proses pembelajaran yang kulalui ada baiknya dicatat supaya jika kelak bertahun-tahun kemudian daku ingin mengulanginya lagi, daku bisa membaca & mempelajarinya lagi. Hehehe…ada juga tips untuk merakit efek stompbox, tinggal turunin view nya ajah.. Hehehe  .....
  •  



merakit efek gitar stompbox

  Assalammualaiku wr. wb. gimana nih kabarnya gan, kali ini saya akan posting tentang "bagaimana sih cara merakit stompbox ?"  sebenernya sih tidak ada patokan yang baku untuk merangkai efek stompbox. Cuma, bagaimana kita merangkai efek stompbox yang kita miliki untuk menghasilkan sound yang bagus. Nah, kebetulan saya dapet dari forum sebelah ni gan, untuk itu saya mencoba berbagi pengetahuan tentang dasar-dasar merangkai efek gitar. langsung aja deh gan....



pada umumnya evek gitar terbagi-bagi beberapa macam gan, nih contohnya :


1. Distorsi/Overdrive
       Pada umumnya setiap gitaris pasti menggunakan effek ini. Kecuali gitaris klasik atau jazz gan. Efek ini digunakan untuk mengasilkan suara gitar yang rusak/hancur. Akan lebih maksimal apabila di-plot setelah noise gate. Disini saya merekomendasikan Proco Rat, Boss Distortion DS-1(distortion), Ibanez Tube Screamer TS-808(overdrive).

2. Modulation

        Efek modulasi, mmmm..... efek ini memberikan suatu warna tersendiri untuk memperindah sound gitar. Biasanya terdiri dari Phaser, Chorus, Flanger, Pitch Sifter, Tremolo, Rotary, Ring Modulator, dll. Mungkin saya tidak bisa menjelaskan satu per satu disini. Tapi, suatu saat anda bisa melihat postingan tentang hal ini di blog ini. Modulator sebaiknya disimpan di tengah-tengah rangkaian. Diantara distorsi/overdrive dan Delay. Disini saya merekomendasikan POD Line 6 Modulation Modeler MM-4.

3. Noise Gate

       Sound gitar biasanya memiliki noise yang cukup mengganggu apabila kita bermain live gan seperti bunyi "zzzttttzzzzt" atau "Tenngggggggggggggggg" (hehe). Untuk menghilangkan berbagai noise yang cukup mengganggu, anda bisa menggunakan effek noise gate. efektif gan, supaya kinerja noise gate terasa maksimal, sebaiknya pedal ini dipasang diawal rangkaian gan. Disini saya merekomendasikan Boss Noise Suppressor NS-2.      

4. Delay/Reverb

      Lebih cocok dipasang di akhir rangkaian. Efek ini digunakan untuk memberikan efek gema atau echo agar suara yang di hasilkan lebih menarik dan terkesan harmonis gan. Saya merekomendasikan Boss Digital Delay DD-3 dan POD Line 6 Delay Modeler.

5. Wah

      Cara kerja efek ini sama dengan knob tune pada gitar gan. Efek ini mengatur kejernihan dan ketajaman sound dan menghasilkan suara seperti 'waouw-waouw'. Efek ini memiliki dua model. Footwah dan Autowah. Footwah, dikendalikan secara manual menggunakan pedal wah. Autowah, bekerja secara otomatis dengan settingan tertentu. Sebaiknya effek ini dipasang berdampingan dengan foot volume, dan diselipkan diantara noisegate dan distorsi/overdrive.


Berikut beberapa konfigurasi yang bisa dicoba

  1. GITAR --> kompresor --> distorsi --> wah --> flanger --> chorus --> delay --> reverb --> AMPLI
  2. GITAR --> distorsi --> delay --> reverb--> AMPLI
  3. GITAR --> kompresor --> distorsi --> delay --> AMPLI
      sebenarnya stompbox tidah sepenuhnya bergantung pada konfigurasi gan, tergantung kita bagaimana feel yang cocok sebagai gitaris.
Di bawah ini adalah skema-skema rangkaian yang dapat kita lakukan dengan pedal line selector, kebetulan dapet dari forum sebelah gan :

1. A/B mode, channel A untuk backing sound, channel B untuk solo melodi


















2. A+B Mix / By pass mode, setting ini adalah mix antara sound untuk solo gitar di channel A dan backing sound di channel B


















3. A/B mode, set up ini biasanya digunakan untuk switching antara loop A/B dengan tuner


















4. A—->B / bypass mode, pada set up ini digunakan apabila kita menggunakan 2 gitar yg berbeda, ato gitar dengan synthetizer, kita bisa memilih menggunakan sound yg kita butuhkan




















5. Output select mode, digunakan untuk memilih 2 ato 3 output. misalnya antara ampli tabung ato ampli transistor, dll





8 komentar:

  1. Tambahin skema sama pcb nya dong gan biar tau cara buatnya sendiri.
    http://carasendiri.id

    BalasHapus
  2. gan kasih skema sma komponen nya yg lengkap dong

    BalasHapus
  3. Itu sh cm pamer doang. Ga ada skema. Ga ksh tutorial..

    BalasHapus
  4. Caesars casino las vegas
    Explore a map to get 제천 출장안마 to Harrah's and 구리 출장샵 Caesars Casino 광주 출장마사지 and 화성 출장안마 find the closest casino to me. This map shows the closest casino 안동 출장안마 to me in Las Vegas.

    BalasHapus
  5. Silahkan solder palalu..postingan taek..

    BalasHapus